Aturan permainan bola tangan- Sport.betfan.pl

Bola tangan adalah permainan tim yang dimainkan di seluruh dunia. Beberapa tahun yang lalu, kami melewati masa keemasan kami dalam olahraga ini, memenangkan tempat tertinggi di turnamen internasional. Lihat apa aturan dalam bola tangan.

Bola tangan: komposisi tim, aturan umum

Sebuah tim bola tangan dapat terdiri dari maksimal enam belas pemain selama pertandingan. Mungkin ada maksimal 7 pemain per lapangan. Pemain bermain di posisi berikut: kiper, berputar (melingkar), setter (kiri, tengah, kanan), wingman (kiri, kanan). Kiper memiliki warna kaos yang berbeda dari pemain lainnya. Perubahan handball bersifat fluktuatif dan dapat terjadi kapan saja selama pertandingan. Tidak harus ada penjaga gawang di lapangan, asalkan skater yang datang di belakangnya memiliki penanda khusus yang memungkinkannya memasuki area gawang timnya.

Bola tangan adalah olahraga yang sangat sederhana dalam hal aturan. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencetak lebih banyak gol daripada tim lawan. Sebuah gol dicetak ketika bola telah sepenuhnya melewati garis gawang dan berada di dalam garis gawang. Berapa lama permainan bola tangan? Permainan dibagi menjadi 30 menit dengan istirahat 10 menit. Bola dapat dilempar, didorong, ditangkap, dipukul, dihentikan. Pemain boleh menyentuh bola dengan seluruh bagian tubuh kecuali tungkai bawah dan kaki. Jika seorang pemain tidak menggiring bola, dia hanya boleh menahan bola selama 3 detik. Hanya penjaga gawang di dalam lipatan gawang (dalam garis 6 meter) yang dikecualikan dari aturan ini.

Permainan dimulai oleh tim yang memenangkan bola dengan melempar koin. Seorang pemain dari tim tersebut mengeksekusi operan ke rekan setimnya dengan satu kaki di garis tengah sampai bola keluar dari tangannya. Para pemain harus berada dalam tangkapannya sendiri selama permainan dimulai dan dimulai kembali. Pemain yang menguasai bola boleh mengoper, menggiring atau menahan bola. Dia juga tidak bisa mengambil lebih dari tiga langkah saat memegang bola. Setelah gol dicetak oleh salah satu tim, tim yang kalah melanjutkan permainan dengan lemparan dari tengah.

Jika penjaga gawang memukul bola dan melewati garis gawang, ia dapat memulai kembali aksi timnya. Namun, jika bola mengenai garis samping setelah mengenai, lemparan ke dalam diberikan kepada tim penyerang. Jika, setelah lemparan, bola memantul, misalnya, dari blok pemain tim bertahan dan melewati garis gawang, tendangan sudut diberikan kepada tim penyerang.

Pelatih tim mereka dapat meminta time-out selama pertandingan. Mereka dapat menggunakan 3 kali seluruh permainan, waktu 1 dan waktu 2 di paruh pertama permainan; jika pelatih tidak menggunakan dua kali, ia dapat mengambil waktu 2 dan waktu 3 di babak kedua; waktu tidak dapat diambil satu per satu dan hanya dapat digunakan 1 kali dalam 5 menit terakhir.

Bola tangan: dimensi, pitch, bola, pakaian

Permainan berlangsung di aula olahraga di lapangan dengan dimensi 40 kali 20 meter. Sisi yang lebih panjang disebut sideline. Lapangan bola tangan dibagi menjadi dua bagian. Pada garis (garis gawang) yang lebih pendek terdapat dua gawang, tinggi 2 meter dan lebar 3 meter, di daerah gawang. Ada dua daerah gawang di lapangan permainan, dibatasi oleh quarter dengan radius 6 meter yang berpusat di tiang gawang dan garis sejajar dengan garis akhir pada jarak 6 meter.

Bola terdiri dari ban dalam karet yang dilapisi dengan potongan kulit atau bahan sintetis yang dijahit tidak boleh mengkilat atau licin. Lingkar bola yang digunakan oleh pria: dari 58 hingga 60 cm, berat: dari 425 hingga 475 g. Untuk wanita, kelilingnya adalah 54 hingga 56 cm, berat dari 325 hingga 400 g.

Pakaian pemain harus seragam untuk semua anggota tim (kecuali penjaga gawang); pakaiannya terdiri dari celana pendek dan kaos dengan angka; nomor belakang minimal 20 cm dan nomor depan minimal 10 cm; tidak diperbolehkan menggunakan helm atau masker wajah, juga dilarang memakai perhiasan, kacamata berbingkai keras dan benda-benda lain yang dapat membahayakan pemain. Pemain dapat menerapkan “lem” khusus ke tangan mereka untuk meningkatkan cengkeraman bola.

Ada juga zona substitusi di lapangan, 4,5 meter dari pusat lapangan di setiap sisi. Seorang pemain yang tidak meninggalkan lapangan permainan di zona ini akan dinilai penalti dua menit, lebih di bawah.

Handball: Wasit dan penalti dalam handball

Dalam bola tangan, ada dua wasit yang mengawasi permainan dan menghukum pelanggaran di lapangan. Ada juga dua juri meja. Yang satu mengukur waktu dan mengatur papan skor, yang lain adalah sekretaris yang membuat notulen pertandingan. Delegasi federasi juga dapat duduk di meja.

Dalam hal hukuman dalam bola tangan, juri untuk pelanggaran yang tercantum di bawah ini dapat menghukum lawan dengan tiga cara. Untuk melakukan kesalahan individu, seperti kesalahan langkah atau dribble bola yang buruk, wasit memberikan bola kepada tim lawan. Untuk pelanggaran terhadap lawan, wasit dapat, tergantung pada penilaian situasi, menghukum lawan dengan kartu kuning, penalti dua menit dan kartu merah. Wasit akan menunjukkan kartu kuning jika dia ingin memperingatkan kontestan bahwa pelanggaran berikutnya akan menghasilkan penalti dua menit. Kartu kuning hanya dapat ditunjukkan sebelum penalti menit pertama.

Jika wasit memutuskan bahwa pelanggaran memenuhi syarat untuk penalti dua menit, dia akan memerintahkan hakim meja untuk menghentikan jam dan menunjukkan kepada pemain yang bersangkutan bahwa dia telah dihukum dengan menunjuknya dengan satu tangan dan mengangkat dua jari dari tangan lainnya. . Pemain seperti itu harus meninggalkan lapangan dan timnya harus bermain selama dua menit berikutnya. Setelah hukuman selesai, setiap pemain dari tim yang dihukum dapat kembali ke lapangan. Jika seorang pemain telah dihukum dengan penalti dua menit selama satu pertandingan, ia menerima kartu merah dan tidak diizinkan memasuki lapangan setelah waktu berlalu, setiap pemain dari tim yang dihukum akan menggantikannya.

Aturan bola tangan: pelanggaran

Untuk menangkap pemain yang berhadapan dengannya, wasit akan menyebut pelanggaran 9 meter dari gawang lawan atau dari tempat pelanggaran terjadi jika pelanggaran terjadi lebih jauh dari gawang. Melakukan lebih dari 3 langkah tanpa kambing atau dribbling ulang setelah menangkap bola dengan dribble sebelumnya dan menahan bola lebih dari 3 detik merupakan kerugian bagi lawan.

Hukuman dua menit dikenakan untuk mendorong atau menangkap pemain di belakang atau dari samping dan menangkapnya di leher atau kepala. Untuk pelanggaran di area gawang (biasanya saat melempar) wasit juga akan memberikan tendangan penalti. Hukuman dua menit juga diberikan kepada pemain yang masuk atau keluar lapangan selama pergantian pemain di luar zona yang ditentukan.

Wasit dapat melakukan pelanggaran jika pemain penyerang memukul wajah pemain bertahan saat melewati pemain bertahan atau berlari tanpa ribut ke pemain bertahan yang berdiri dalam posisi bertahan. Sama seperti bola basket.

Jika wasit menyebut pelanggaran untuk tim lawan, pemain yang memegang bola paling baik harus meletakkannya di tanah. Setiap kali bola dibuang atau dilempar untuk memperlambat restart, hukumannya adalah dua menit. Pemain dari tim bertahan tidak boleh lebih dekat dari 3 meter ke pemain yang melanjutkan aksinya.

Permainan pasif dalam bola tangan

Jika wasit memutuskan bahwa tim penyerang telah mengambil tindakan terlalu lama dan tidak ada kesempatan untuk mencetak bola, mereka dapat memberi sinyal permainan pasif dengan mengangkat tangan mereka. Mulai saat ini, tim penyerang memiliki waktu sekitar 3-5 detik untuk menembak, jika tidak, bola diberikan kepada tim bertahan.

Tendangan penalti dalam bola tangan:

Ketika seorang pemain dari salah satu tim melakukan tembakan ke gawang, dia harus berhati-hati untuk tidak melewati garis 6 meter dari gawang. Namun, ketika melebihi itu, ada tendangan bebas untuk tim lawan. Jika seorang pemain bertahan memasuki lipatan gawangnya sendiri selama pertahanan, wasit akan memberikan lemparan 7 meter. Itu dilakukan pada jarak 7 meter dari gerbang. Pemain yang melakukan tendangan penalti sendirian dengan penjaga gawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.